Cara Merawat Bulu Kucing Persia Agar Lebat Tidak Rontok

FirstClan.Net – Cara Merawat Bulu Kucing Persia Agar Lebat Tidak Rontok, Cara Merawat Bulu Kucing Persia Agar Lebat Tidak Rontok

Cara Merawat Bulu Kucing Persia Agar Lebat Tidak Rontok
Kucing persia adalah kucing yang terkenal dengan keindahan dan kecantikan bulunya. ulasan tentang kucing persia sudah pernah di jelaskan pada artikel cara merawat kucing persia yang baik dan benar di bog ini. untuk memaksimalkan perawatan terhadap kucing persia, anda juga harus memperhatikan bulu kucing anda. karena beberapa penggemar kucing mengeluhkan sering terjadinya bulu kucing yang rontok.

Cara Merawat Bulu Kucing Persia Agar Lebat Tidak Rontok
Cara Merawat Bulu Kucing Persia Agar Lebat Tidak Rontok

Sebelum anda mempelajari bagaimana cara merawat bulu kucing persua agar lebat tidak rontok, perlu anda kenali terlebih dahulu apa penyebab terjadinya kerontokan pada bulu kucing? ada beberapa hal yang bisa saja menyebabkan terjadinya kerontokan pada bulu kucing anda.  beberapa di antaranya adalah karena kerontokan yang normal, kekurangan nutrisi, kelebihan vitamin, suhu kandang kucing yang terlalu panas, shampo yang tidak sesuai, gangguan hormon, alergi dan lain lain.

Cara Merawat Bulu Kucing Persia Agar Lebat Tidak Rontok
Kerontokan Bulu Kucing

Lalu bagaimana mengatasi bulu kucing yang rontok? beberapa tips berikut mungkin bisa membantu anda untuk mengatasi bulu kucing yang rontok.

Cara Merawat Bulu Kucing Persia Agar Lebat Tidak Rontok

1. Memandikan Kucing Secara Rutin

Cara memandikan kucing yang benar
Memandikan Kucing

Tidak hanya manusia yang butuh mandi. kucing juga binatang yang butuh mandi. memandikan kucing dapat membantu menjaga keindahan bulu kucing anda. silahkan di baca artikel tentang cara memandikan kucing persia dengan benar..

Sebelum memandikan kucing, ada baiknya bulu kucing anda di sisir terlebih dahulu, khususnya jika kucing anda memiliki tipe bulu kucing yang panjang. tujuannya adalah untuk menghindari bulu yang kusut dan gimbal. jika anda menemukan bulu yang gimbal, jangan di gunting, tapi di urai dengan tangan atau alat pengurai.

2. Grooming

Cara Menyisir dan menyikat kucing
Menyisir Kucing

Grooming adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan proses penyisiran dan penyikatan terhadap bulu kucing agar tetap senantiasa bersih dan indah.

Cara menyikat dan menyisir bulu kucing juga perlu anda perhatikan. dengan menyisir bulu kucing anda dengan rutin dan teratur, akan membantu meminimalkan terjadinya hair ball. hair ball adalah salah satu masalah yang sering terjadi pada bulu kucing. nah, cara menyisir kucing yang baik dan benar, khususnya kucing persia, dapat anda perhatikan seperti berikut ini :

  • Tepuk secara perlahan, dan belai halus bulu kucing, terutama pada bagian punggung sebelum di sisir.
  • Bagian pertama yang sebaiknya anda sisir adalah bulu bagian perut dan kaki.
  • Penyisiran selanjutnya dapat di lanjutkan ke bagian kepada bagian bawah, lalu kepala bagian atas, lanjutkan ke bagian punggung, pangkal ekor sampai pada ekor. lakukanlah penyisiran dengan baik, agar bulu bulu mati dapat terangkat.
  • Agar lemak dan kotoran pada bulu kucing terangkat, berikanlah dedak bubuk. hal ini dapat dilakukan rutin, minimal 2 kali dalam seminggu.
  • Setelah di taburi bedak bubuk, biasanya bulu bulu yang kotor akan terangkat. selanjutnya angkatlah bulu yang kotor tersebut dengan tangan, untuk selanjutnya di buang.
  • Selanjutnya lakukan penyisiran pada bagian leher arah bolak balik. tujuannya agar bulu kucing tampak mengembang.
  • Proses sisir telah selesai, selanjutnya sikatlah bulu kucing dari bagian kepala hingga ekor untuk mengangkat kotoran secara bertahap.
  • Sikat secara berulang namun perlahan, agar bulu kucing anda benar benar bersih.
3. Berikan Nutrisi yang Tepat
nutrisi kucing yang tepat
Nutrisi Kucing yang Tepat
Seperti yang sudah di singgung di atas, bahwa kerontokan bulu kucing bisa jadi di sebabkan karena pemberian nutrisi yang kurang tepat. perlu anda pahami, kerontokan pada bulu kucing sangat di pengaruhi oleh nutrisi yang di dapatkannya. usahakanlah berikan makanan yang tinggi kandungan omega-3nya, misalnya saja ikan salmon. omega-3 adalah kebutuhan nutrisi penting bagi kucing, terutama untuk kesehatan kulit dan bulunya. jika perlu, usahakan hindari makanan kalengan yang biasa di jual di pasaran. sesekali berikanlah makanan organik, karena kucing anda memerlukan makanan tinggi serat.
Nah, itulah beberapa tips atau cara merawat bulu kucing persia agar lebat tidak rontok. anda dapat mengembangkan cara cara anda sendiri untuk mendapatkan hasil yang maksimal. semoga artikel ini bermanfaat. agar teman teman anda merasakan manfaat artikel ini, silahkan berbagi ke jejaring sosial anda.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Cara Merawat Bulu Kucing Persia Agar Lebat Tidak Rontok, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Cara Merawat Bulu Kucing Persia Agar Lebat Tidak Rontok berguna untuk anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *