Cara Menjinakkan Binturong Anakan

FirstClan.Net – Cara Menjinakkan Binturong Anakan, Cara Menjinakkan Binturong Anakan

Cara Menjinakkan Binturong Anakan

Cara menjinakkan binturong anakan.

binturong atau musang binturong adalah jenis musang yang bisa di pelihara sama seperti jenis musang lainnya. Yang membedakan musang binturong dengan jenis musang lainnya adalah tubuh binturong lebih besar di bandingkan dengan tubuh jenis musang lainnya, selain itu bulu binturong juga lebih panjang dan populasi binturong yang tinggal sedikit. Makanya musang jenis ini sudah di kategori sebagai binatang langka yang hampir punah, untuk itu memelihara binturong sudah di illegalkan atau di larang.

Walaupun begitu masih saja banyak orang yang berminat untuk memelihara binturong. Bicara soal binturong,, binturong adalah binatang yang liar dan galak. Memelihara binturong tentunya memiliki resiko yang tinggi di bandingkan dengan memelihara jenis musang lainnya, seperti musang pandan,dll. Untuk itu saya sarankan untuk tidak bermain-main dengan musang binturong dewasa yang liar dan galak. Tetapi jika ingin memelihara musang binturong sebaiknya peliharalah dari yang masih anakan atau baby.

Kalau untuk memelihara musang binturong yang masih anakan,, oke'lah itu masih bisa di pertimbangkan. Karena musang binturong yang masih anakan sifat liar dan galaknya belum terbentuk sempurna sehingga masih bisa dan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya nanti. Dan juga ukuran tubuh musang binturong yang masih anakan tidak terlalu besar sehingga mempermudahkan dalam menjinakkannya. Untuk menunjang informasi diatas, saya akan membagikan sedikit tips cara menjinakkan musang binturong yang masih anakan.

Langkah – Langkah Menjinakkan binturong.

1. Letakkan kandang binturong di tempat yang ramai atau di tempat yang sering dilalui oleh orang, contohnya seperti di depan rumah. Biarkan anakan musang binturong terbiasa dengan lalu-lalang orang dan terbiasa dengan suara berisik dari kendaraan yang lewat. Selama proses penjinakkan letakkan kandang binturong di depan rumah setiap hari, agar binturong bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya.

2. Selama proses penjinakkan, mandikan musang binturong anakan yang masih galak tersebut setiap 1-2 hari sekali (wajib). Dan cara memandikannya pun cukup dengan menyemprotkan air menggunakan selang terlebih dahulu. Dalam proses penjinakkan musang apapun, memandikan itu sangat penting karena akan membuat musang semakin jinak dengan sendirinya.

3. Memasukkan tangan anda kedalam kandang. Yah,, anda harus memasukkan tangan anda kedalam kandang musang binturong anakan yang masih galak setiap hari. Awal-awal musang binturong anakan tersebut memang tidak suka dengan keberadaan tangan anda dan akan berusaha mencoba menggigit, tetapi jika setiap hari dan setiap saat anda memasukkan tangan anda kedalam kandang musang binturong anakan yang masih galak, cukup butuh waktu 1 minggu saja musang binturong tersebut akan terbiasa dengan keberadaan tangan anda dan tidak berusaha menggigit tangan anda lagi. Itu yang saya sebut sebagai jinak kandang.

4. Jika musang binturong anakan tersebut sudah mulai jinak kandang, selanjutnya anda lanjutkan dengan membelai tubuh dan kepala binturong menggunakan tangan anda. Musang binturong paling suka di elus-elus pada bagian kepalanya, lakukan terus setiap hari agar musang binturong anakan merasa nyaman dan enggan untuk menggigit lagi. Dan lanjutkan dengan memberi makan musang binturong menggunakan tangan secara langsung, biar musang mau mendekat kearah anda.

5. Selanjutnya adalah melakukan proses penjinakkan musang binturong anakan di luar kandang. Semu musang yang pandai memanjat pohon pasti memiliki ekor yang kuat karena biasa untuk pegangan ke pohon agar tidak jatuh. Jadi anda bisa menghandel musang binturong dengan memegang ekornya, kemudian tarik musang binturong dari dalam kandang ke luar kandang. Saat melakukan proses ini pertama kali memang sangat berat dan mencekam, karena musang binturong anakan tersebut akan bereaksi full emosi. Yang anda harus lakukan adalah tetap tenang dan kuatkan pegangan anda pada ekor musang binturong.

6. Dan tunggu sampai emosi musang binturong anakan tersebut reda. Kemudian anda lanjutkan dengan mengelus atau membelai tubuh musang binturong agar emosinya semakin reda dan merasa nyaman. Lakukan terus proses ini setiap hari saya yakin dalam beberapa minggu saja anda bisa mendapatkan rasa percaya diri dalam menjinakkan musang binturong yang lebih besar lagi. Karena semakin anda percaya diri dan berani dalam menjinakkan musang binturong, musang binturong tersebut juga akan lebih cepat jinak. Karena semua jenis musang itu mampu membaca pikiran orang dari tatapan mata dan ekspresi wajah orang tersebut.

7. Lanjutkan proses penjinakkan dengan cara anda sendiri. Karena saya yakin anda akan lebih memahami karakter musang binturong anakan milik anda. Menjinakkan musang binturong memang membutuhkan waktu yang cukup lama sampai musang binturong menjadi benar-benar jinak total. Jadi saya sarankan untuk bersabar dan konsisten dalam menjinakkan musang binturong anakan tersebut.

Cara mendapatkan binturong anakan di pasaran.

kalau kita seorang penggemar musang pasti tau apa itu binturong? Iyah.. binturong adalah binatang sejenis musang yang memiliki tubuh lebih besar di bandingkan dengan tubuh jenis musang lainnya. Lagi musimnya memelihara musang, membuat semua jenis-jenis musang pun mulai di kenali dan di koleksi untuk di peliharaa. Karena pengetahuan masyarakat yang kini mulai mengenali musang sebagai binatang peliharaan baru yang lucu dan munculnya banyak permintaan musang untuk dipelihara.

Hal ini di manfaatkan oleh sebagian orang untuk membreding atau membudidayakan jenis-jenis musang tertentu untuk di perjual belikan. Jika dengan membudidayakan musang di penangkaran walaupun niatnya untuk di perjual belikan, itu adalah cara yang baik di bandingkan memburu jenis musang tertentu secara berkala di alam. Karena dengan memburu musang secara besar-besaran di alam, akan membuat ekosistemnya terganggu dan jenis musang tertentu pun akan berpotensi langka atau punah.

Namun jenis musang binturong ini adalah jenis musang yang masuk dalam daftar binatang langka & hampir punah mungkin karena susahnya atau sulitnya mencari (binturong) di alam yang tinggal sangat sedikit keberadaannya. Seperti yang sudah saya katakan di atas.. hobi baru dengan memelihara musang yang kini sedang tenar, membuat banyak dari masyarakat yang akhirnya mulai berburu musang-musang langka. Salah satu dari jenis musang langka yang banyak di minati atau di cari adalah jenis “Musang Binturong” yang satu ini. Namun begitulah kenyataan” untuk mencari & mendapatkan jenis musang binturong ini memang cukup sulit walaupun harus mencarinya di hutan-hutan besar sekali pun.

Karena kelangkaannya jadi cukup sulit untuk bisa mendapatkan musang binturong ini. Tetapi jika anda masih ingin membeli binturong dan mendapatkannya, ada alternatif lain yang bisa anda coba selain mencarinya sendiri di hutan. Karena itu mustahil menurut saya! Anda bisa mencari musang dan mendapatkan binturong di tempat-tempat ini.

1. Pasar hewan atau pasar burung. Anda bisa mencoba mencarinya di tempat-tempat tersebut, karena biasanya orang akan menjual binatang hasil buruannya di tempat-tempat tersebut. Tetapi saya pikir anda akan jarang menemui di tempat tersebut, karena binturong adalah jenis musang yang di lindungi.

2. Media sosial. Anda bisa mencari musang binturong anakan yang anda inginkan melalui grup jual beli musang dan jenis binatang lainnya yang ada di facebook, karena biasanya banyak tuh orang yang mau menjual musang binturong yang masih anakan. Anda juga bisa bergabung dengan grup komunitas-komunitas musang yang ada di facebook untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi barangkali ada musang binturong anakan yang mau di jual.

Cara Memelihara binturong – Binturong yang masih tergolong jenis musang yang memiliki tubuh yang lebih besar di bandingkan dengan jenis musang lainnya, dan binturong juga memiliki bulu yang lebat dan panjang. Cara memelihara binturong berbeda dengan cara memelihara jenis musang lainnya contohnya seperti musang pandan, musang bulan, dll. Binturong memiliki ukuran tubuh yang lebih besar, jadi akan memerlukan kandang yang lebih besar juga.

Bukan hanya tubuh binturong yang lebih besar dibandingkan dengan jenis musang lainnya, tetapi sifat dan karakter binturong pun lebih galak dan lebih liar dibandingkan dengan jenis musang lainnya. Walaupun begitu tatap banyak orang yang berminat untuk memelihara binturong karena binturong juga memiliki sisi yang lucu dan menyenangkan untuk dipelihara, karena tingkahlaku binturong cenderung mirip dengan kucing makanya binturong di juluki “Bearcat” atau beruang kucing.

Binturong adalah jenis musang yang sudah di kategorikan sebagai binatang langka, untuk itu memelihara musang binturong sudah tidak di perbolehkan oleh pemerintah. Binturong sudah di ilegal'kan untuk dipelihara, makanya tidak semua orang boleh memelihara binturong apalagi sampai memperjual belikan binturong. Jika anda memutuskan untuk memelihara binturong sebaiknya harus membuat surat izin terlebih dahulu kepada pihak yang berwenang sehingga binturong anda tidak akan disita di kemudian hari.

Memelihara binturong sebaiknya di lakukan sejak binturong masih anakan agar binturong benar-benar jinak, karena binturong memiliki sifat yang galak, liar dan gigitannya sangat berbahaya sekali. Hindari untuk menjinakkan binturong dewasa karena akan sangat sulit untuk dijinakkan dan sangat beresiko tinggi untuk di gigit. Binturong adalah jenis musang omnivora atau pemakan buah-buahan dan daging binatang-binatang kecil seperti tikus, burung dan serangga.

Cara Perawatan Binturong.

1. Siapkan kandang yang cukup besar untuk binturong, karena binturong memiliki ukuran tubuh yang lebih besar jadi kandangnya pun harus lebih besar dibandingkan dengan jenis musang lainnya.

2. Makanan binturong adalah buah-buahan manis seperti pisang, pepaya, dll. Potong dadu buah-buahan tersebut kemudian mix dengan catfood atau dogfood dan susu bubuk. Beri minum binturong dengan susu juga.

3. Selain buah-buahan, binturong juga harus diberi pakan daging ayam rebus dan telur rebus, agar lebih hemat belilah bagian kepala ayam yang lebih murah harganya.

4. Perhatikan kebersihan kandang binturong, karena binturong memiliki jenis bulu yang lebat dan panjang jadi kebersihan kandang harus benar-benar diperhatikan agar bulu binturong tidak bermasalah.

5. Luangkan waktu untuk mensosialisasikan binturong dan mengajak binturong anda bermain, agar binturong tetap jinak dan tidak kembali menjadi galak bahkan liar kembali.

6. Memandikan binturong setiap 3 hari sampai 1 minggu sekali agar binturong tetap bersih dan sehat. Selain itu,, seringnya memandikan binturong akan membuat binturong peliharaan anda semakin jinak.

7. Berhati-hati dan tetap waspada terhadap binturong peliharaan anda yang jinak sejinak apapun, dan hindarkan binturong dari kondisi stress.
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Cara Menjinakkan Binturong Anakan, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Cara Menjinakkan Binturong Anakan berguna untuk anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *