Cara Memelihara Kucing Persia Bagi Pemula

FirstClan.Net – Cara Memelihara Kucing Persia Bagi Pemula, Cara Memelihara Kucing Persia Bagi Pemula

Cara Memelihara Kucing Persia Bagi Pemula

Cara Memelihara Kucing Persia Bagi Pemula.

kehidupan keseharian kita kurang lengkap rasanya bila belum mempunyai binatang peliharaan. Ya,, memelihara binatang peliharaan juga mempunyai manfaat tersendiri bagi kita. Manfaat mempunyai binatang peliharaan selain bisa di jadikan teman atau sahabat, juga bisa menjadi penghibur kita dengan tingkah laku dari bintang peliharaan kita yang lucu. Banyak jenis-jenis binatang lucu yang bisa kita pelihara” diantaranya: Kucing, Burung, ayam, kelinci, anjing, dll.

Apapun jenis binatang peliharaan yang akan atau sedang anda pelihara, pastinya binatang tersebut memberikan kesenangan dan kebahagian sendiri tentunya. Salah satu binatang peliharaan yang memiliki tingkah laku yang lucu dan menggemaskan adalah kucing. Kucing merupakan binatang peliharaan yang sudah populer dan umum di pelihara orang karena kucing mudah untuk di dapat, mudah di kembang biakkan dan dari jenis kucing tertentu seperti kucing anggora, persia, dll memiliki nilai jual yang lumayan mengguntungkan bila di perjual belikan.

Kalau bicara tentang kucing binatang peliharaan yang biasa dipelihara yang satu ini memiliki beragam jenis, ukuran tubuh dan ke khas'an dari ciri fisiknya yang membuat kucing tersebut memiliki harga yang cukup mahal. Salah satunya adalah jenis kucing persia yang memiliki ciri khusus pada hidungnya yang sangat pesek dan bulunya yang sedikit panjang. Memelihara kucing persia tidaklah sesulit yang di bayangkan, yang kita perlu lakukan hanyalah merawatnya dengan baik dan benar dan pemberian pakan yang tepat, sehat, dan bergizi bagi kucing persia. Untuk memberikan gambaran terhadap anda tentang cara memelihara kucing persia bagi pemula untuk itu saya mencoba merangkumnya artikel berikut ini.

Cara Memelihara Dan Perawatan Kucing Persia Bagi Pemula.

1. Makanan kucing persia.
Pastikan dalam memberikan makanan/pakan untuk kucing persia milik anda dengan jenis-jenis makanan yang sesuai dengan pencernaan kucing persia anda. Contoh makanan yang cocok untuk kucing persia peliharaan yaitu seperti: Daging ayam rebus, daging ikan atau ayam matang yang di blender anda bisa membelinya yang sudah jadi dengan merek “Wikast”, dan Catfood yang berbentuk pelet sebagai cemilan kucing persia anda.

2. Perawatan kucing persia.
Jika anda memutuskan untuk memelihara jenis kucing apapun, maka anda wajib merawatnya dengan baik, benar dan rutin. Perawatan untuk kucing persia di antaranya seperti: Membersihkan kandang setiap hari, mengganti air minum kucing setiap hari, mengganti pasir tempat kotoran kucing, memandikan kucing setiap 1 minggu sekali, dan memotong kuku kucing setiap 2 minggu sekali.dll. anda juga harus memperhatikan kebersihan pada telinga kucing persia peliharaan anda.

3. Memberikan vaksin untuk kucing persia anda.
Jika anda memelihara kucing persia ataupun jenis kucing lainnya, maka sebaiknya anda memberikan vaksin kepada kucing peliharaan anda, agar kucing peliharaan anda terhindar dari berbagai virus berbahaya yang mungkin bisa menjangkiti kucing persia peliharaan anda. Berikan vaksin kepada kucing persia sejak umur 2 bulan, dan di lanjutkan pem vaksinannya setiap 1 tahun sekali secara rutin. Untuk pemberian vaksin kepada kucing persia peliharaan anda, anda bisa datang ke dokter hewan terdekat untuk vaksinisasi kucing persia anda.

4. Mensosialisasikan kucing persia anda.
Untuk menjaga kesehatan mental kucing persia anda agar tetap jinak dan ramah terhadap orang ataupun kucing lainnya. Maka anda juga perlu untuk mensosialisasikan kucing persia peliharaan anda dengan cara sering-seringlah mengajaknya jalan-jalan ke keluar rumah, mempertemukan dengan kucing lain, dan di perkenalkan dengan orang lain atau orang yang baru di temuinya. Dengan begitu kucing kucing persia anda akan tetap menjadi kucing yang baik dan tidak penakut.


Cara membuat kucing tidak buang air sembarangan. 

Sifat kucing dan kebiasaan – kebiasaannya adalah hal yang wajib bagi kita yaitu mempelajari tentang cara memelihara seekor kucing. Kucing termasuk binatang peliharaan yang memiliki sifat manja dan setia terhadap majikannya, bahkan banyak orang yang bilang juga bahwa kucing adalah binatang peliharaan yang pencemburu'an terhadap majikannya. Kucing memiliki sifat mudah cemburu terhadap majikannya, maka kucing tersebut akan berusaha mengusir siapapun yang mendekati majikannya.

Mempunyai peliharaan seperti kucing memang menyenangkan, ada yang bisa di ajak main dan tingkah lakunya bisa membuat kita terhibur. Tetapi kadang juga kita di buat jengkel oleh kucing-kucing peliharaan kita sendiri, bagaimana kita tidak di buatnya jengkel oleh kucing yang kita pelihara? Jika kucing peliharaan kita sering buang air atau buang kotoran dengan sembarang di tempat-tempat di dalam rumah seperti tempat tidur, sofa, di kolong-kolong meja dan di sudut ruangan rumah. Bau kotorannya itu yang sangat mengganggu membuat kita infil terhadap kucing peliharaan kita sendiri.

Seringnya para pemilik kucing mengalami hal itu, membuat para pemilik kucing akhir menjual kucing peliharaan mereka dengan alasan tersebut. Sebenarnya yang membuat kucing buang air dan buang kotoran secara sembarangan itu bukan kesalahan kucing sepenunya. Karena pada dasarnya kucing adalah binatang yang pemilih tempat pada saat mau buang kotoran, karena kucing hanya mau buang air dan buang kotoran di dalam pasir saja. Adapun kucing mau buang air atau buang kotoran sembarangan, itu karena kucing terpaksa karena tidak bisa menemukan pasir untuk tempatnya buang kotoran.

Untuk itu saya akan mencoba memberikan tips-tips atau hal yang bisa anda lakukan agar kucing peliharaan anda tidak buang air dan kotoran secara sembarangan, berikut ini:

1. Selalu sediakan tempat untuk buang kotoran kucing pada kandangnya. Anda bisa dengan mudah membuatnya sendiri dengan sebuah wadah atau nampan plastik kecil yang di beri pasir.
2. Jika kucing anda sering di bebaskan bermain di dalam ruangan rumah, pastikan pintu kandang kucing selalu terbuka agar ketika kucing mau buang kotoran kucing tersebut bisa kembali kekandangnya untuk buang kotoran.
3. Atau anda bisa menaruh tempat untuk kucing buang kotoran di salah satu sudut ruangan di dalam rumah anda, dan anda bisa mengarahkan kucing ketempat tersebut. Sehingga kucing pun akan tau dan terbiasa di mana dia harus buang kotoran.
4. Beri akses kucing keluar rumah. Jika ingin yang lebih simpel maka anda berikan saja kucing peliharaan anda akses keluar rumah atau memberi pintu agar kucing bisa buang kotoran di luar rumah dengan mencari tempat yang ada pasirnya dengan sendirinya.
5. Jangan lupa juga untuk rutin mengganti tempat kotoran kucing agar tetap bersih dan sehat. Biar kucing peliharaan anda tidak buang air dan kotoran dengan sembarang.

Cara menjinakkan kucing liar galak – seorang pecinta binatang sejati tidak pernah takut dengan yang namanya binatang buas, liar. Pecinta binatang sejati atau orang yang terbiasa dekat dengan binatang' sekalipun itu binatang buas. Akan tetapi seorang pecinta binatang sejati tidak akan takut dengan resikonya” seorang pecinta binatang sejati pasti akan menyayangi dan melindungi setiap binatang yang di temuinya.

Orang yang sudah biasa dekat dengan binatang, maka orang tersebut sudah memahami setiap perilaku, kebiasaan dan sifat dari binatang yang pernah ia temui' jadi seorang pecinta binatang seolah-olah akan nampak bisa berkomunikasi dengan binatang. Jadi jangan heran jika binatang itu bisa lebih jinak, lebih dekat dengan orang yang tulus mencintai binatang. Seorang pecinta sejati mempunyai kemampuan untuk menjinakkan binatang buas sekali pun.

Bicara soal menjinakkan binatang buas.. saya akan berbagi sedikit tips untuk menjinakkan kucing liar galak yang buas. Menjinakkan kucing liar galak bukan lah pekerjaan mudah bagi orang awam' tetapi mudah bagi orang yang biasa berinteraksi dengan binatang (pecinta binatang), karena seorang pecinta binatang sudah memahami sifat dan karakter dari binatang buas' sehingga mereka sudah tau tips untuk menjinakkannya. Tipsnya seperti berikut.

Cara Menjinakkan Kucing Liar Galak.

1. Membiasakan kucing untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya.
Penyebab kenapa kucing liar hasil tangkapan liar memiliki sifat yang galak, agresif dan menyerang manusia” itu semua karena kucing liar tidak terbiasa dengan lingkungan barunya, dengan manusia, dan suara2 lingkungan sekitar yang semua itu di anggap asing dan di anggap sebagai ancaman bagi si kucing. Oleh karena alasan di atas' kita bisa melakukan cara ini untuk dalam menjinakkan kucing liar yang galak. Yaitu kita bisa mulai untuk membiasakan kucing tersebut dengan lingkungan barunya.. caranya dengan meletakkan kucing dan kandangnya di tempat yang ramai yang biasa dilewati orang dan kendaraan. Cukup letakkan kucing di tempat tersebut” contohnya letakkan kucing di teras depan rumah, dll. Dengan kayak gitu kucing akan lebih cepat terbiasa dengan lingkungan barunya dan tentunya akan lebih cepat jinak.

2. Beri makan kucing dan buat kucing liar tersebut merasa ketergantungan dengan anda.
Jika seekor binatang di beri makan setiap hari lama-lama akan membuat binatang tersebut menjadi ketergantungan dengan majikannya, sehingga yang terjadi biasanya binatang tersebut menjadi respek dan binatang tersebut menjadi . Dan bonding sendiri adalah istilah yang di berikan untuk binatang peliharaan yang nempel terus dengan majikannya kemana pun majikannya pergi binatang tersebut akan terus nempel, dan merespon saat di panggil namanya. Terapkan cara ini terhadap kucing peliharaan anda' saya yakin pasti berhasil.

3. Kontak langsung dan tunjukkan perhatian anda dengan kucing liar galak tersebut.
Salah satu cara agar kucing bisa mengenal anda (majikannya) ya dengan cara seringlah memegangnya dan mengelusnya secara perlahan-lahan jika kucing masih galak. Jika sering setiap hari anda membelainya/mengelusnya kucing liar galak tersebut pun akan terbiasa dan mulai nyaman dengan tangan anda. Kemudian keluarkan kucing liar galak tersebut dari dalam kandang dan handle/kendalikan secara langsung” tetapi pastikan untuk menutup pintu terlebih dahulu dan melepaskan kucing di ruangan yang kosong. Sebaiknya sebelum memutuskan untuk mengeluarkan kucing liar galak peliharaan anda' usahakan untuk memakaikan harnes {tali kekang} agar kucing mudah di handle. Dan setelah kucing di keluarkan dari dalam kandang' lanjutkan untuk menghandle dan menjinakkannya.

4. Mandikan kucing secara rutin.
Walaupun kucing tidak suka dengan air tetapi jika kucing yang liar galak secara rutin di mandikan maka semakin sifat liar galak kucing secara perlahan tapi pasti akan menjadi semakin jinak. Karena menurut penelitian' jika kucing yang galak secara rutin di mandikan maka akan membuat kucing semakin jinak dengan sendirinya. Jadi mandikan lah kucing anda setiap 1 minggu sekali secara rutin. Ada pun cara memandikan kucing yang masih liar & galak cukup di semprot dengan air dari selang.

Mungkin segitu dulu tips yang bisa saya berikan untuk menjinakkan kucing galak liar,, kurang lebihnya anda bisa bertanya pada kolom komentar.
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Cara Memelihara Kucing Persia Bagi Pemula, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Cara Memelihara Kucing Persia Bagi Pemula berguna untuk anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *